Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat setidaknya ada 28 kabupaten dan kota yang hanya diikuti oleh pasangan tunggal. 28 Paslon itu nantinya akan melawan kotak kosong di Pilkada serentak 9 Desember menantang.

Komisioner Bawaslu Afifuddin mengatakan, dari 28 kabupaten tersebut tersebar di 15 provinsi di Indonesia.‎ Data tersebut didapatkan setelah KPU menutup pendaftaran Pilkada serentak pada Minggu (6/9).

“Jadi terdapat 28 kabupaten dan kota yang terdapat satu bakal pasangan calon yang melakukan pendaftaran,” ujar Afif dalam konfrensi persnya di Kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (7/9).

Menurut Afif, untuk daerah-daerah yang haya diikuti satu bakal pasangan calon yang terdaftar, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memperpanjang waktu tahapan pendaftaran pasangan calon.

“Itu sesuai PKPU Nomor 10/2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19 perpanjangan pendaftaran dilaksanakan paling lama tiga hari setelah pelaksanaan sosialisasi penundaan tahapan,” katanya.

‎Lebih lanjut Afif menuturkan, dari 28 daerah dengan satu bakal pasangan calon tersebut. Sembilan daerah di antaranya terdapat bakal calon yang mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan namun tidak memenuhi syarat.

“Itu ada di Ngawi, Balikpapan, Kediri, Kebumen, Raja Ampat, Pematangsiantar, Kota Semarang, Boyolali, dan Kutai Kartanegara,” ungkapnya.

Berikut 28 kabupaten/kota penyelenggara Pilkada 2020 yang terdapat bakal paslon tunggal:

Jawa Timur:

1. Ngawi
2. Kediri

Jawa Tengah:

3. Kebumen
4. Wonosobo
5. Sragen
6. Boyolali
7. Grobogan
8. Kota Semarang

Kepulauan Riau:

9. Bintan

Jambi:

10. Sungai Penuh

Bali:

11. Badung

Sulawesi Selatan:

12. Gowa Soppeng

Papua:

13. Manokwari Selatan
14. Raja Ampat

Nusa Tenggara Barat:

15. Sumbawa Barat

Sumatera Barat:

16. Pasar Manuk

Sumatera Utara:

17. Pematangsiantar
18. Serdang
19. Bedagai
20. Gunungsitoli
21. Humbang Hasundutan

Sulawesi Barat:

22. Mamuju Tengah

Bengkulu:

23. Hulu Utara

Sumatera Selatan:

24. Ogan Komering Ulu
25. Ogan Komering Ulu Selatan

Kalimantan Timur:

26. Balikpapan
27. Kutai Kertanegara

Papua Barat:

28. Pegunungan Arfak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here