Masifnya penyebaran informasi berita bohong atau yang belakangan tren disebut hoax tak bisa dipandang enteng. Sebagian berita hoax yang beredar rentan mengancam stabilitas keamanan di suatu daerah, tak terkecuali Sanggau.

Kendati terbilang sebagai daerah yang aman, penyebaran berita bohong di media sosial kerap terjadi termasuk di Kabupaten Sanggau

Berangkat dari hal tersebut, Kapolres Sanggau AKBP Rachmad Kurniawan, SH, S. IK, MM menggelar pelatihan Cyber Troops kepada jajaran Polres Sangaau. Pelatihan yang di selenggarakan selama 3 (tiga) hari ini bertujuan agar nantinya setiap anggota dapat melakukan pengawasan media sosial yang melakukan ‘counter issue’.

Menyaring adanya peredaran isu negatif menjadi hal yang positif. Membantu proses diseminasi (penyebaran) yang positif dalam upaya-upaya yang dilakukan Polri. Serta melakukan counter issue, klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak benar.

Memasuki hari ke-3 Pelatihan Cyber Troops, Moh. Khoirul Amin SH, S. Kom, M. Kom beserta tim  memberikan materi tentang pendalaman Fanpage, Bloger dan Cyber Patrol dengan admin masing masing anggota polsek tersebut dan dilanjutkan dengan belajar bersama Teori penyebaran Postingan pada Fanpage yang sudah dibuat dan diharapkan  agar mampu menjadi berita pembanding dan counter opini, Rabu (31/01/2018).

Moh. Khoirul Amin SH, S. Kom, M. Kom mengatakan Pelatihan hari ini dilangsungkan di Aula Sementara Polres Sanggau. “Hari pertama dan kedua kemarin diikuti seluruh PJU Polres, karena membentuk Cyber Troops yang sebenarnya termasuk hal yang gampang-gampang susah. Hari berikutnya dengan peserta, seluruh anggota Polres dan Polsek secara bergantian” jelas Muh. Amin.

“Untuk hari ini kita tinggal menaikkan rating fanpage dan menambah like pada masing-masing fanpage Polsek jajaran,” jelas Moh. Khoirul Amin

Moh. Khoirul Amin SH, S. Kom, M. Kom sendiri merupakan pencetus beberapa inovasi Polri. Menuangkan ilmunya mulai dari website, blog, dan akun-akun sosial media yang dibutuhkan utuk perang melawan situs-situs radikal, dan masih banyak lagi teori-teori yang digunakan untuk mengcounter opini atau meminimalisir berita negatif.

“Adapun target dalam pelatihan ini adalah, Tim Cyber Troops Polres Sanggau dapat melakukan tugas secara mandiri dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Cyber Troops yang sebenarnya, sehingga citra Polri dapat terjaga dengan keahlian dari masing-masing individu dalam mengcounter, menyebarkan dan mengagresi akun maupun berita negatif terutama di media sosial,” pungkasnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here