Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan Desember 2020 mendatang, Forom Komonekasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur bersama Pemerintahan Kota Surabaya menyelenggarakan kampanye pilkada damai disertai himbauan wajib bermasker di Monomen Pahlawan Kota Surabaya, Kamis (10/09/2020).
Kapolada Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadhil Imran, M.Si dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berharap dengan di selenggarakan kegiatan kampanya bermasker ini dapat meningkatkan kedisiplin protokol kesesehatan dan mengantisipasi timbulnya klaster pilkada.
“Kami menginisiasi dan menindak lanjuti arahan Bapak Presiden (Ir Joko Widodo) untuk bagaiman kita meningkatkan kedisplinan guna menurunkan angka terkonfirmasi Covid-19 dengan kegiatan kampanye bermasker.” Jelas Kapolda Jatim.
Menurut orang nomor satu di Kepolisian Jawa Timur yang kerap di panggil Fadhil ini mengatakan bahwa dalam kegiatan ini menghadirkan seluruh elemen penyelenggara Pilkada termasuk KPU, Bawaslu , Paslon dan Partai pengusung serta pendukung dari masing-masing paslon.
“Ketua Bawaslu Kota Surabaya saat ini tidak hadir karena ada halangan, tapi mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga ini adalah langkah awal agar antisipasi kita adanya klaster pilkada.” Terang Fadhil.
Dalam rangkaian kampanye bermasker ini dilengkapi dengan protokol kesehatan mulai dari pemberi hand sanitizer, cek suhu tubuh hingga rapid tes bagi yang belum melakukan rapid tes sebelumnya.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kapolda Jatim Dan Wali Kota Surabaya, diikuti penyerahan masker secara simbolis kepada elemin masyarakat antara lain Ketua Kampung Tangguh Semeru (KTS), Satpol PP, Satpam, Bonek, Perguruan Silat, Ojol dan diakhiri dengan Deklarasi Pilkada Damai yang di Ikuti KPU, Bawaslu dan Paslon Pilkada 2020.
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat sambutan menyampaikan bahwa kasus terkonfirmamasi Covid-19 di Surabaya sudah mengalami penurunan dengan cepat, “Jadi mudah-mudahan ini segera berakhir, agar perekonomean di Kota Surabaya dapat segera pulih kembali.” Ucapnya.
Disisi lain Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah siap mengamankan pilkada 2020 dan akan terus konsisten meningkatkan kedisplinan protokol kesehatan, “saya harap tidak ada peningkatan lagi terkait kasus terkonfirmasi covid-19.” Tandasnya”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here